Istimewa

BKPM Gelar Market Sounding RSUD di Medan

10 Agustus 2017

Moneter.co.id - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Pemerintah kota Medan dan Japan International Cooperation Agency (JICA) mengadakan kegiatan Market Sounding Pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Pirngadi Kota Medan. Total investasi yang diperlukan untuk pengembangan proyek tersebut diperkirakan mencapai Rp 546 miliar.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Tamba P. Hutapea mengatakan, kegiatan Market Sounding ini dilaksanakan oleh BKPM sebagai salah satu kegiatan dari Kantor Bersama KPBU yang telah dibentuk pada Februari 2017.

Kantor Bersama KPBU ini memiliki 4 fungsi utama, yaitu sebagai pusat informasi terpadu mengenai proyek KPBU, sarana penguatan kapasitas aparatur negara dalam hal KPBU, pusat pelayanan dan pendampingan proyek KPBU, serta pusat koordinasi antara simpul-simpul KPBU di masing-masing kementerian dan lembaga.

BKPM sendiri memiliki tugas melakukan kegiatan Market Sounding serta Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan di bidang Penanaman Modal. 

Tamba P Hutapea menjelaskan, ketersediaan infrastruktur yang memadai akan menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan mendukung peningkatan investasi, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Koperasi. Pengembangan potensi pembiayaan pembangunan infrastruktur dilakukan dengan meningkatkan pemanfaatan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

"Kerja sama yang dimaksud dilaksanakan dalam rangka mempercepat pencapaian sasaran pembangunan nasional dengan melibatkan badan usaha, khususnya pihak swasta, dalam penyediaan infrastruktur publik," ujarnya, Rabu (9/8).

Sementara Walikota Medan, Dzulmi Eldin menambahkan, dengan pengembangan rumah sakit ini, pelayanan yang diberikan semakin berkualitas, pelanggan semakin meningkat baik masyarakat yang berpenghasilan tinggi maupun masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga menjadi subsidi silang yang lebih mengoptimalkan fungsi sosial rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat.

Dalam rangka merealisasikan kebijakan penggunaan skema KPBU dalam penyediaan infrastruktur di Indonesia, Market Sounding adalah program BKPM untuk mempromosikan proyek-proyek infrastruktur yang ditawarkan kepada badan usaha. Di samping mempromosikan proyek infrastruktur, dalam kegiatan ini pula disampaikan kebijakan-kebijakan terbaru dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur.

Kepala Bappeda Kota Medan, Wiriya Alrahman menjelaskan, proyek pengembangan RSUD ini diharapkan dapat menarik seluruh lapisan masyarakat untuk berobat (peserta BPJS-PBI, peserta BPJS-Non PBI, Pasien Umum). 

"Selain itu, dengan adanya layanan medis lanjutan serta kenyamanan dan kemudahan yang didapat melalui pendirian ruang perawatan baru diharapkan dapat pula meningkatkan kinerja keuangan rumah sakit," ungkap Wiriya.

Sekedar informasi, RSUD dr. Pirngadi Kota Medan pertama kali didirikan pada 11 Agustus 1928 oleh Pemerintah Belanda. Cakupan proyek pengembangan rumah sakit ini meliputi pembangunan ruang perawatan, ruang pelayanan medis dan renovasi bangunan serta pengadaan alat-alat kesehatan. 

Skema KPBU yang akan digunakan untuk pengembalian investasi adalah Availability Payment, dimana Pemerintah akan melakukan pembayaran kepada investor secara berkala atas tersedianya fasilitas rumah sakit selama masa konsesi. (Sam)