Ilustrasi

Kadin Siap Fasilitasi Pengusaha Ekspor ke Timteng

10 Agustus 2017

Moneter.co.id - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap memfasilitasi para pelaku usaha untuk ekspor ke negara-negara Timur Tengah (Timteng). Pasalnya negara kawasan tersebut sedang gencar melakukan pembangunan. 

Ketua Komite Timur Tengah Kadin Indonesia Fachry Thaib mengatakan, kami Kadin minta para pengusaha Indonesia untuk lebih agresif ekspor ke Timur Tengah. Dan, kami siap memfasilitasinya.  

"Sejumlah negara Timur Tengah yang berpotensi menjadi pangsa ekspor barang Indonesia di antaranya Arab Saudi, Iraq, Iran, Jordania, Bahrain, Kuwait dan Qatar. Selain itu ada juga Palestina serta negara-negara Timur Tengah anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI)," ucapnya, Kamis (10/8).

Menurutnya, dibukanya keran impor negara Timur Tengah itu setelah membaiknya konflik internal. Ditambah usai dibukanya jalur ekonomi baru oleh Presiden Jokowi yang ditandai dengan kunjungan Raja Arab Saudi.

"Ada banyak barang Indonesia yang bisa diekspor ke Timur Tengah. Di antaranya barang pendukung infrastruktur seperti semen dan besi. Juga ada makanan, minuman, plywood, garmen, ikan segar, dan obat-obatan," ujarnya .

Namun, lanjut Fachry, untuk memperkuat rencana tersebut, Kadin berencana untuk melakukan pengiriman tim konsul bisnis menuju Timur Tengah seperti ke Qatar.

"Beberapa waktu lalu, kami sudah melakukan komunikasi dengan 130 perusahaan Indonesia, namun yang memastikan tertatik untuk melakukan bisnis di Timur Tengah ada 73 pengusaha," tutup Fachry. (Sam)