Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro dan Direktur Keuangan dan SDM INKA, Mohamad Nur Sodiq

Standard Chartered Bank Gandeng INKA Dukung Program Infrastruktur

12 Agustus 2017

Moneter.co.id - Standard Chartered Bank bekerjasama dengan PT Industri Kereta Api (INKA) dalam upaya mendukung program strategis nasional di bidang infrastruktur, yaitu melalui produksi kereta api. 

Kerja sama ini secara resmi ditandatangani oleh Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia Rino Donosepoetro dan Direktur Keuangan dan SDM INKA, Mohamad Nur Sodiq. 

Turut hadir dalam acara penandatanganan kerja sama Irvan Noor selaku Head of Commercial Banking Standard Chartered Bank Indonesia serta Michael Sugirin selaku Country Head of Transaction Banking Standard Chartered Bank Indonesia.

Dalam kerjasama ini, Standard Chartered Bank menyediakan fasilitas modal kerja sebesar US$ 20 juta untuk mendukung produksi INKA, terutama dalam upaya mendorong pertumbuhan infrastruktur dalam negeri sejalan dengan program prioritas pemerintah.

INKA adalah BUMN  yang bergerak di bidang manufaktur  kereta api yang memproduksi berbagai jenis kereta seperti  kereta penumpang, kereta barang,  LRT, KRL hingga lokomotif. 

Selain memasok  kebutuhan kereta api domestik di Indonesia khususnya KAI, saat ini INKA juga mengekspor kereta ke berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura dan Bangladesh.

Rino Donosepoetro, Chief Executive Officer Standard Chartered Bank Indonesia, mengungkapkan, perseroan sangat menyambut baik kerja sama ini dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan oleh INKA. Kerja sama ini sekaligus menjadi wujud nyata Bank dalam mendukung program strategis nasional yang kami yakini akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Hal ini juga sejalan dengan salah satu fokus Bank yaitu mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial yang berkelanjutan melalui kapabilitas yang kami miliki," ucapnya, Jumat (11/8).

Sementara itu, Direktur Keuangan dan SDM INKA, Mohamad Nur Sodiq juga sangat menyambut baik kerja sama ini dan menilai bahwa hal ini merupakan salah satu langkah untuk membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga keuangan internasional. 

“Kami percaya, kerja sama ini dapat membantu meningkatkan produktivitas perusahaan, sehingga mempercepat pertumbuhan dan pembangunan industri nasional," ujarnya. 

Dukungan teknis lain yang diberikan oleh Bank kepada INKA berupa pemanfaatan footprint global Bank bagi proyek-proyek strategis untuk penyediaan infrastruktur yang aman, dapat diandalkan, serta terjangkau bagi semua orang untuk mengubah kehidupan masyarakat dan memperkuat ekonomi.

“Dengan memanfaatkan jaringan global yang kami miliki, Bank membantu pemerintah dalam percepatan program strategisnya. Keberadaan Standard Chartered sebagai satu-satunya bank internasional dengan kantor di 10 negara ASEAN, juga turut membantu pertumbuhan kinerja INKA sebagai produsen kereta satu-satunya di Asia Tenggara,” tutup Rino. (Top)



TERKINI