Istimewa

Target HBDI, Tarik 20 Juta Pengunjung dan Transaksi Rp 20 Triliun

16 Agustus 2017

Moneter.co.id - Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) sebagai penyelenggara Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Happy Birthday Indonesia Festival (HBDIF) menargetkan total transaksi mencapai Rp20 triliun. 

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah mengatakan, target transaksi hingga Rp20 triliun tersebut didapat melalui HBDI yang menawarkan diskon di pusat-pusat perbelanjaan, ruko hingga bandara di berbagai kota di Indonesia pada 17-20 Agustus 2017.

"Target kami menarik 20 juta pengunjung di seluruh kota di Indonesia pada empat hari itu, 17 sampai 20 Agustus 2017," kata Budi, Selasa (15/8).

HBDI terbagi dalam dua konsep acara, yaitu HBDI yang berlangsung di pusat-pusat perbelanjaan, ruko hingga bandara di berbagai kota di Indonesia pada 17-20 Agustus 2017 dan HBDIF yang berlangsung di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta mulai 15-27 Agustus 2017.

Menurutnya, HBDI yang diselenggarakan di tahun pertamanya ini selain sebagai kado di HUT Ke-72 Republik Indonesia, juga untuk meningkatkan niat beli masyarakat dan menciptakan tren belanja di bulan Agustus. 

"Bulan ke delapan umumnya terjadi penurunan niat beli karena masa kembali ke sekolah "back to school" sehingga banyak masyarakat yang sudah menggunakan uangnya untuk biaya dan keperluan sekolah," ucapnya.

"Memang bulan delapan tuh biasanya penjualan jelek bisa turun sampai 10 persen. Mau ramai atau apa, pasti turun di bulan delapan," ungkap Budi.

HBDI ditargetkan menarik 20 juta orang pembeli serta menjadi festival belanja, kuliner, musik dan hiburan ritel terbesar di Indonesia yang diikuti lebih dari 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional. Khusus di Gambir Expo Kemayoran, terdapat lebih dari 300 gerai "tenant" di antaranya 85 dari Smesco. 

Peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia (RI) menjadi inspirasi para peritel dalam menarik konsumen di HBD Indonesia. Para konsumen akan memperoleh berbagai promosi yang terkait dengan angka 72 ditawarkan oleh para peritel yang berpartisipasi, antara lain diskon hingga 72 persen dan harga khusus Rp72.000. (Sam/Ant)