Lionel Messi | Foto: Ist

Messi Hattrick, Argentina Lolos ke Piala Dunia 2018

11 Oktober 2017

Moneter.co.id - Lionel Messi membuat hattrick dan memastikan Argentina lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Tim Tango menaklukkan Ekuador dengan skor 3-1 dalam pertandingan matchday terakhir kualifikasi zona Amerika Selatan.

Dua tim lain yang memastikan langsung lolos ke Rusia ialah Uruguay yang menang 4-2 atas Bolivia serta Kolombia yang seri 1-1 versus tuan rumah Peru.

Mereka menyusul Brasil yang telah jauh lebih dulu lolos, sedangkan peringkat kelima Peru masuk jalur play-off antarbenua melawan Selandia Baru sebagai juara kualifikasi zona Oseania.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Olimpico Atahualpa di Quito, ibu kota Ekuador, pada Rabu pagi WIB (11/10), Argentina telah unggul 2-1 hingga akhir babak pertama meskipun sempat dikejutkan gol tuan rumah melalui kontribusi Romario Ibarra ketika laga baru berjalan 40 detik.

Namun, Messi membawa kebangkitan untuk Argentina. Dia mencetak gol balasan pada menit ke-12 dengan sontekan dari dalam kotak penalti menuntaskan umpan silang Angel di Maria.

Berselang 8 menit kemudian dia melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti untuk menembus gawang Ekuador yang dikawal kiper Maximo Banguera dan mengubah skor menjadi 1-2 untuk keunggulan skuat Tango.

Memasuki babak kedua, Messi menegaskan keunggulan Argentina dengan golnya pada menit ke-62, kali ini dengan memaksinalkan assist Enzo Perez. Skor 1-3 untuk Argentina bertahan hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Argentina finis di peringkat keempat dan berhak langsung lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia. Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan diikuti 10 tim. Empat tim teratas di klasemen akhir berhak langsung berangkat ke Rusia, sedangkan tim yang finis di peringkat kelima harus bertarung melawan Selandia Baru sebagai juara kualifikasi zona Oseania untuk berebut tiket terakhir.

Finisnya Argentina di peringkat ketiga sehingga bisa langsung ke Rusia tanpa jalur play-off tak lepas dari hasil tiga lain yakni Brasil menundukkan Chile 3-0, Kolombia seri 1-1 versus Peru, dan Paraguay di luar dugaan takluk dari tamunya Venezuela yang merupakan tim terlemah dengan posisi juru kunci.

Dengan demikian, klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan Brasil teratas dengan nilai 41, diikuti Uruguay 31, Argentina 28, Kolombia 27, Peru 26, Chile 26, Paraguay 24, Ekuador 20, Bolivia 14, dan Venezuela 12. Peru berhak di posisi kelima dengan selisih yang lebih baik ketimbang Chile (+1 berbanding -1).

Brasil, Uruguay, Kolombia, dan Argentina lolos langsung ke putaran final Piala Dunia di Rusia tahun depan, sedangkan Peru masuk jalur play-off kontra Selandia Baru.

Susunan Pemain:

Ekuador: Banguera; Velasco, Arboleda, Aimar, Ramirez; Intriago (Uchuari 77'), Orejuela; Ibarra, Cevallos (Valencia 41'), Romario; Ordones (Estrada 64').

Argentina: Romero; Mercado, Mascherano, Otamendi; Salvio, Enzo Perez, Biglia, Acuna; Messi, Benedetto (Icardi 76'), Di Maria (Paredes 84').


(SAM)


TERKINI