Foto: Ist

Pertemuan Telmin ASEAN di Kamboja Sepakat 'Deklarasi Siem Reap'

02 Desember 2017

Moneter.co.id - Pertemuan Menteri bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Telecommunication, Information, Technology Ministers Meeting (Telmin) ASEAN ke-17 di Siam Reap, Kamboja, menyepakati deklarasi Siem Reap sebagai hasil dari sidang tersebut.

"Siem Reap Declaration ini menyetujui promosi program bersama setidaknya berkenaan dengan direct connectivity and Internet exchange points, mendorong layanan roaming internasional yang lebih transparan dan harga yang lebih terjangkau, mobile number portability, Analog Switch Off (ASO) Tahun 2020 menjadi penyiaran digital, dan memberikan ekosistem startup dengan fokus pada UMKM," kata Rudiantara, Jumat (01/12).

Sekedar informasi, Deklarasi Siem Reap adalah deklarasi dalam kesiapan dan keterhubungan TIK, menuju integrasi komunitas secara digital yang bertujuan memperkuat visi ASEAN dalam menciptakan kawasan yang inovatif dan inklusif, di mana pemangku kepentingan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan.

Sementara itu, dari rangkaian pertemuan 29 November hingga 1 Desember 2017, para Menteri bidang TIK juga menyepakati program Telsom/Telmin yang akan dilaksanakan pada 2018 berupa 16 program dalam kerangka ASEAN berikut pengesahan pendanaan ASEAN ICT Fund (AICTF) 2018.

Program tersebut di antaranya studi untuk mengembangkan panduan dan aplikasi terbuka dan pengembangan 
big data di negara ASEAN, pembuatan Hackathon ASEAN 2018, ASEAN ICT Award 2018, panduan ASEAN untuk memperkuat ketahanan dan perbaikan kabel bawah laut, Perkemahan ASEAN Cyber Kids, 2018, penelitian untuk mengembangkan panduan praktik terbaik untuk pengembangan konten lokal dan dukungan kepada negara-negara ASEAN.

Selain itu, pembangunan kapasitas untuk akselerasi pengembangan kerangka kota pintar berkelanjutan bagi negara-negara ASEAN, kerangka perlindungan infrastruktur informasi kritis ASEAN, dan membangun praktik terbaik keamanan jaringan regional.

Kemudian, studi kelayakan dalam pendirian ASEAN CERT, kerangka kebijakan dan regulasi reguler untuk mempromosikan lingkungan komputasi awan, rencana kerja untuk membangun kerangka ASEAN tentang tata kelola digital dan pembentukan kelompok kerja pengelolaan data digital.

Sementara itu, ASEAN dan ITU telah menyepakati area kerja sama untuk tahun 2018 yang meliputi antara lain keamanan informasi dan integrasi jaringan, akses pitalebar untuk wilayah pinggiran dan perdesaan, inklusi digital dan langkah-langkah dalam mendorong Asean ICT Masterplan. 


TERKINI