Ilustrasi | Foto: Ist

Jasa Marga Tertarik Akuisisi Enam Ruas Tol Milik Waskita Karya

05 Desember 2017

Moneter.co.id - PT Jasa Marga Tbk (Persero) menyatakan tertarik mengambilalih enam ruas jalan tol milik PT Waskita Karya Tbk (Persero) khususnya Tol Trans Jawa.


"Ya kami pastinya ingin membeli. Kemungkinan pada kuartal I 2018, mudah-mudahan antara pembeli dan penjual saling cocok," kata Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, di Jakarta, Senin (04/12).

Ketertarikan Jasa Marga mengakuisisi ruas tol Trans Jawa sejalan dengan tingginya trafik tol di kawasan ini dan merupakan koridor strategis yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

Seperti diketahui, Waskita sedang melakukan divestasi terhadap sejumlah ruas tol miliknya yang pembangunannya sudah rampung. Waskita sendiri menginginkan pada kuartal I 2018 divestasinya sudah tuntas.


Menurut Desi, pihaknya juga masih melihat situasi karena menyesuaikan kondisi perusahaan. "Tahun ini (2017) tidak memungkinkan, karena kami masih fokus pada penerbitan obligasi berbasis proyek (project bond). Tapi tahun delan (2018) kami siap. Semoga terjadi proses dan cocok," katanya.

Pada tahun 2018, tambah Desi, Jasa Marga setidaknya membutuhkan dana investasi sekitar Rp17 triliun. "Dana investasi tersebut untuk membiayai semua proyek yang sedang berjalan, karena semua proyek yang dikerjakan Jasa Marga tidak ada yang diam," tegasnya.

Desi menambahkan, untuk memenuhi belanja modal tersebut perseroan mengupayakan sebesar 30 persen dari ekuitas dan 70 persen dari pinjaman perbankan.

Jasa Marga sudah merealisasikan tiga instrumen pembiayaan, yaitu sekuritisasi, project bond dan global bond IDR.

Perusahaan juga akan menerbitkan global bond sebesar Rp4 triliun berjangka waktu 3 tahun. "Alhamdulilah saat masa penawaran mengalami kelebihan permintaan sebanyak 4 kali. Kuponnya turun dari 7,85 persen menjadi 7,5 persen," katanya.

Adapun peminat global bond tersebut didominasi investor Asia, Eropa dan Amerika Serikat, sedangkan investor lokal hanya 15 persen. (TOP/Ant)


TERKINI