Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya | Foto: Ist

Menteri LHK: Indonesia Akan Hadir Dalam Konferensi Tingkat Tinggi ‘One Planet Summit’

05 Desember 2017

Moneter.co.id - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyatakan Indonesia akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi ‘One Planet Summit’ yang digagas Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk memperkuat komitmen pada Paris Agreement. 

“Dalam pertemuan dengan Duta Besar Prancis Jean Charles Bethonnet, dirinya membahas pelaksanaan konferensi tingkat tinggi tersebut sebagai pemantapan pelaksanaan Perjanjian Paris atau Paris Agreement,” kata Siti di Jakarta, Senin, (05/12) 

Menurut Siti Nurbaya, kehadiran Indonesia dalam ‘One Planet Summit’ nanti akan menjadi penegasan dan mendorong penyelesaian proses perundingan, prosedur dan pedoman (guideline) operasional Paris Agreement. 

Selain itu, Indonesia juga akan menginformasikan capaian dan tingkat kemajuan upaya pengendalian perubahan iklim di Indonesia.

"Pertemuan tersebut diharapkan dapat memperbaharui mobilisasi dan komitmen politik pada Paris Agreement, khususnya dalam hal pembiayaan aksi iklim dan perluasan alat keuangan yang efektif, serta sebagai showcase berbagai proyek, yang mempercepat transisi menuju ekonomi rendah karbon dan tahan iklim,” kata Siti.

Prakarsa ‘One Planet Summit’ dimulai saat G-20 di Hamburg, Jerman, untuk memperkuat dan menegaskan kembali komitmen pendanaan aksi pengendalian perubahan iklim.

Program pertemuan tersebut akan membahas empat topik dalam Thematic Ministrial Roundtable, yaitu Scaling-up finance for climate action, Greening finance for sustainable business, Accelerating local and regional climate action, Strengthening policies for ecological and inclusive transition.

Pada acara yang akan dilaksanakan pada 11-12 Desember 2017 tersebut Menteri LHK akan hadir bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani dan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Sementara itu, Duta Besar Prancis Jean Charles menjelaskan bahwa perubahan iklim merupakan prioritas pemerintah Perancis sejak 1990, yang dilaksanakan pada semua sektor percontohan nasional, serta dicanangkan sebagai komitmen di tingkat regional, dan memupuk solidaritas internasional, dengan membantu pendanaan negara-negara berkembang.

Dalam pertemuan ini, Agence Francaise de Developmet (AFD), yang baru terakreditasi sebagai salah satu agen pelaksana Green Climate Fund (GCF) menginformasikan kesiapannya untuk bekerja sama dalam pendanaan perubahan iklim. (HAP)


TERKINI