Foto: Dok Bank DKI

Bank DKI Salurkan Fasilitas Hidroponik di Rusun Jatinegara

13 Desember 2017

Moneter.co.id - Bank Pembangunan Daerah DKI (Bank DKI) menyalurkan bantuan sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk penyediaan fasilitas hidroponik di Rusun Jatinegara Kaum, Jakarta Timur.

Hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

“Penyaluran CSR Bank DKI dalam bentuk penyediaan fasilitas hidroponik bertujuan untuk meningkatkan terciptanya lingkungan hijau di DKI Jakarta,” kata Direktur Kepatuhan Bank DKI, Budi Mulyo Utomo, Rabu (13/12).

Budi Mulyo menjelaskan, penyediaan fasilitas hidroponik bukan hanya dapat menciptakan kegiatan positif, namun juga dapat memberikan manfaat finansial bagi penghuni Rusunawa Jatinegara Kaum.

"Dengan melakukan penanaman melalui kebun hidroponik yang kami sediakan, kualitas sayuran yang dipanen menjadi lebih baik sehingga nilai jualnya dapat menjadi lebih tinggi," ujar Budi Mulyo.

Menurutnya, selain menggunakan teknik penanaman hidroponik, penghuni Rusun Jatinegara Kaum dapat memanfaatkan lahan yang sudah ada. "Bank DKI juga telah mendukung perlengkapan kebutuhan penanaman konvensional berupa pupuk, benih, serta pot," ujar Budi.

Selain itu, lanjut Budi Mulyo soal pengembangan Jaringan Kantor Bank DKI di rusun-rusun milik Pemda DKI Jakarta. Hal ini dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah khususnya warga DKI Jakarta penghuni rusun.

"Bank DKI akan terus menambah jaringan kantor layanan di rusun-rusun milik DKI Jakarta. Sampai dengan Desember 2017, Bank DKI telah memiliki delapan kantor layanan di rusun milik DKI Jakarta dan kedepannya akan terus ditambah," jelas Budi.

Budi menambahkan, selain kantor layanan, Bank DKI juga akan terus menambah mesin ATM di rusun-rusun di DKI Jakarta serta melakukan aktivitas jemput bola dengan menyediakan fasilitas mobile branch yang rutin mengunjungi rusun-rusun milik Pemprov DKI Jakarta. (TOP)


TERKINI