Ilustrasi | Foto: Ist

Mau Cek Tagihan Listrik? Ini Caranya

23 Desember 2017

Moneter.co.id - Tanpa listrik, banyak kegiatan yang akan tertunda pelaksananya. Penggunaan listrik pasti dibutuhkan di semua tempat khususnya rumah sebagai daya untuk menghidupkan alat-alat elektronik dan lampu sebagai penerang di kala siang dan malam.

Namun, penggunaan listrik ini tidak serta-merta bisa dinikmati begitu saja, ada biaya yang ditanggungkan kepada si pemakai per bulannya, tergantung seberapa besar pemakaian listrik di rumah.

Kemudian, bagaimana cara mengetahui besaran tagihan listrik? Ada beberapa cara mengecek tagihan listrik PLN seperti dikutip dari laman Cermati.com, Sabtu (23/12) sebagai berikut:

Pada dasarnya ada dua jenis pemasangan listrik di rumah, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Tentu istilah ini mirip dengan pulsa pada ponsel, konsepnya pun sama. Pertama, listrik prabayar, merupakan sistem pembayaran listrik dengan pulsa atau token. Mirip seperti isi pulsa pada handphone.Jadi setiap nominal pulsa yang tertera pada meteran listrik sudah mau habis, segera isi pulsanya.

Tanda pulsa listrik sudah menipis adalah terdengarnya bunyi beep-beep pada meteran listrik sebagai pengingat untuk mengisi ulang listrik. Sistem ini terbilang baru, karena baru diperkenalkan oleh PLN di tahun 2010.

Dan, kedua, listrik pascabayar, yakni sistem pembayaran listrik setelah menggunakan fasilitas listrik selama 1 bulan. Istilah simpelnya, pakai dulu baru bayar. Sistem instalasi listrik ini lebih dulu hadir dibandingkan sistem prabayar. Sistem listrik pascabaya inilah yang bisa dilihat tagihannya, sedangkan prabayar tidak.

1. Cara Cek Tagihan Listrik via Telepon

Cara ini terbilang mudah, Anda tinggal menghubungi customer service PLN 123, jangan lupa juga untuk mencantumkan kode area. Misalnya, Jakarta, berarti telepon ke (021)-123. Kemudian ikuti petunjuk dari operator. Untuk melakukan panggilan ke call centre PLN, dikenakan tarif telepon normal. Cara ini bisa Anda lakukan kapanpun karena call centre PLN siap sedia 24 jam.

2. Cara Cek Tagihan Listrik via SMS

Anda juga bisa cek tagihan listrik via SMS. Ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk cara ini. Pertama, cek tagihan pada kurun waktu 1 bulan. Kedua, cek tagihan secara continue. Artinya, Anda akan berlangganan setiap bulannya untuk mendapat informasi tagihan listrik. Ringkasnya caranya adalah sebagai berikut.

- Cara cek tagihan listrik per bulan

Kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 8990987689 kirim ke 8123.

- Cara berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 987323847361 kirim ke 8123.

- Cara berhenti berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik

Selain mendaftar, Anda juga bisa berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan listrik. Caranya, kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN OFF 987323847361 kirim ke 8123.

Sebagai catatan, Untuk menikmati fasilitas cek tagihan listrik lewat sms dikenakan biaya sebesar Rp500 (belum termasuk ppn 10%) per sms.

3. Cara Cek Tagihan Listrik PLN Lewat Website

Terkadang Anda merasa was-was berapa ya tagihan listrik di rumah bulan ini? Apakah akan membengkak atau sama dengan bulan kemarin. Untuk mengetahuinya cara pertama yang dapat dilakukan adalah mengecek tagihan listrik lewat website. Apa bisa? Tentu bisa. Karena website untuk mengecek tagihan listrik PLN terintegrasi dengan data yang ada di PLN.

Salah satu situs untuk cek tagihan listrik PLN adalah www.cekbill.com. Ini merupakan situs mengecek beberapa informasi lewat website, salah satu fiturnya adalah cek tagihan listrik PLN. Caranya mudah:

- Pilih navigasi Cek Tagihan Listrik PLN pada bagian kiri laman

- Masukan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan.

- Masukan kode captcha untuk verifikasi

- Selanjutnya klik Cek Tagihan

- Tagihan listrik Anda akan muncul beserta status pembayarannya (sudah bayar atau belum)


4. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat iOS

Cara lain untuk mengecek tagihan listrik adalah lewat ponsel berbasis iOS. Bagi Anda pengguna Apple, ada beberapa aplikasi pada App Store yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik. Misalnya, PLN Mobile, Info Cek Tagihan Listrik PLN, dan Tagihan. Semuanya dapat diunduh gratis pada ponsel Anda.

Salah satu aplikasi cek tagihan listrik PLN populer yang banyak digunakan oleh pengguna iOS adalah PLN Mobile. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari PT PLN. Sebenarnya aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, tapi bisa juga digunakan untuk cek riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info lokasi pembayaran melalui banking, info status listrik, info progress permohonan, dan sebagai sarana pengaduan keluhan pelanggan.

5. Cara untuk cek tagihan listrik melalui PLN Mobile

- Pilih menu Informasi pada tab menu

- Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik

- Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda

- Klik Cari

- Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya

 

6. Cara Cek Tagihan Listrik Lewat Android

Tak perlu khawatir, bukan hanya pengguna iOS saja yang bisa cek tagihan listrik lewat gadget mereka, pengguna Androin juga bisa.  Bahkan, aplikasi yang tersedia di Android untuk mengecek tagihan listrik lebih banyak dibandingkan iOS. Namun lebih baik gunakan aplikasi resmi dari PT PLN yakni, PLN Mobile for Android.

Cara pertama yang harus dilakukan untuk cek tagihan listrik lewat gadget berbasis Android adalah unduh aplikasi PLN Mobile di Google Play. Setelah itu lakukan langkah berikut.

- Pilih menu Informasi pada tab menu

- Pilih menu Informasi Tagihan dan Token Listrik

- Masukan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Anda

- Klik Cari

- Aplikasi akan menampilkan status tagihan listrik Anda beserta besaran nominalnya.

 

7. Langganan Email PLN

Anda juga bisa mendapatkan pemberitahuan mengenai tagihan listrik lewat email. Untuk mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik, Anda terlebih dahulu harus terdaftar di e-billing PLN. Dulu caranya bisa langsung daftar pada website, namun karena ada perubahan antarmuka laman resmi PLN tersebut, Anda bisa menanyakan hal tersebut via email di [email protected] atau lewat akun media sosial resmi PLN, Twitter @pln_123Facebook PLN 123.

8. Datang Langsung ke Kantor Cabang PLN

Alternatif lain untuk mengetahui tagihan listrik PLN adalah dengan langsung data ke kantor cabang PLN terdekat dengan kediaman Anda. Dengan langsung menyambangi kantor cabang PLN, Anda bisa langsung menanyakan informasi terkait tagihan listrik dan status tagihan di loket yang tersedia. Tapi ingat, untuk melakukan cara ini dibutuhkan waktu luang.


(TOP)


TERKINI