Lengkungan Jembatan Hamadi-Holtekamp di Papua | Foto: Ist

Lengkungan Jembatan Hamadi-Holtekamp di Papua Terbesar dan Terberat di Indonesia

24 Desember 2017

Moneter.co.id - Sebagai salah satu kontraktor pelaksana pembangunan jembatan Hamadi-Holtekamp, PT Hutama Karya menyatakan bahwa lengkungan jembatan yang berada di Kota Jayapura, Provinsi Papua ini merupakan yang terbesar dan terberat serta terlebar di Indonesia.

Wakil Project Manajer PT Hutama Karya Miswanto mengatakan, ukuran lengkungan jembatan Hamadi-Holtekamp merupakan yang terbesar untuk jembatan rangka lengkung dengan metode Bill of Quantity (BoQ). "Ini adalah jenis jembatan BoQ lengkung, jadi secara umum BoQ pelengkung dua unit," katanya, di Jayapura, Minggu (24/12).

Satu unit BoQ pelengkung panjangnya 150 dengan berat paling berat di Indonesia. Sebagai perbandingan, kalau jembatan lengkung di sungai musi ada seperti BoQ ini, beratnya hanya sekitar 2.000 ton sementara berat lengkungan jembatan Hamadi-Holtekamp sekitar 7.000 ton.

Pertanyaannya, mengapa seberat itu, kata dia, biasanya jembatan itu hanya dua lajur dengan lebar sekitar 8 meter atau sekitar 10 meter dengan trotoar.

"Namun, jembatan Hamadi-Holtekamp ini empat lajur dengan lebar lantai jembatan 21 senti meter. Selain terberat, jembatan ini terbesar di Indonesia dan juga terlebar," ujarnya.

"Kalau terpanjang tidak, karena masih ada jembatan lengkung di Indonesia yang paling panjang dari jembatan ini," ujarnya.

Miswanto mengatakan inovasi terus dilakukan di lapangan supaya mempercepat pekerjaan. "Inovasinya, kalau kita bekerja seperti biasa caranya kalau kita gunakan tower atau rakitnya pasang satu-satu, pemasangannya saja itu butuh waktu sekitar dua tahun," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengerjakan pemasangan rakit tower itu siang-malam selama enam bulan, belum bagian tengah yang lebarnya sekitar 150 senti meter. “Kalau dirakit di sekitar lokasi jembatan, membutuhkan waktu sekitar dua tahun,” pungkas Miswanto.

 

(HAP)


TERKINI