Ilustrasi pesawat Xpress Air | Foto: Ist

Xpress Air Belum Kantongi Izin Terbang dari Kemenhub

25 Desember 2017

Moneter.co.id - Perusahaan maskapai Xpress Air yang menggantikan Kalstar Aviation untuk melayani penerbangan di wilayah perbatasan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kalut) belum mengantongi izin operasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

"Izin operasi belum dikeluarkan Kemenhub (RI) maka belum bisa kami melayani penerbangan sesuai rute yang disepakati," kata Penanggung Jawab Perwakilan Xpress Air di Nunukan, Novenri, Minggu (25/12).

Terkait dengan kendala tersebut, kata Novenri, masih menunggu izin rute tersebut dari Ditjen Perhubungan Udara baru melayani penerbangan bagi masyarakat Kabupaten Nunukan.

“Sebelum izin operasi diterbitkan terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesiapan bandara yang akan disinggahi termasuk Bandara Nunukan,” ujarnya. 

Pengecekan sejumlah bandara oleh Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub RI itu diperkirakan rampung akhir Desember 2017 sehingga penerbangan perdana juga segera dimulai. 

Novenri memastikan, penerbangan perdana rute Nunukan-Tarakan dimulai dilakukan pada Januari 2018. "Maskapai Xpress Air dipastikan beroperasi di Nunukan karena kantor perwaklan sudah ada. Pengadaan pesawat pun siudah rampung," pungkasnya.

 

(HAP)


TERKINI