Foto: Ist

Sudirman Said: Kalau Jadi Gubernur, Saya Akan Larang Beras Impor Masuk Jateng

15 Januari 2018

Moneter.co.id - Bakal calon Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Sudirman Said menegaskan pemerintah provinsi (Pemprov) harus bersikap tegas menolak masuknya beras impor ke wilayahnya. Selain menyusahkan petani, hal itu juga bisa mematikan petani.

"Kalau saya gubernur, saya akan larang beras impor masuk Jateng, karena itu akan mematikan ruang gerak petani Jateng," ujar Dirman panggilan akrab Sudirman diketerangan resminya, Senin (15/01).

Dirman menyikapi rencana pemerintah yang akan melakukan impor beras guna menekan harga beras di pasar. Harga beras yang memberatkan masyarakat memang harus segera dicarikan solusinya. 

"Namun, solusinya bukan dengan mendatangkan beras impor. Itu bukan solusi. Itu hanya malas berpikir dan bekerja mencari jalan keluar," kata Dirman.

Dia menjelaskan, mengimpor beras sama dengan mematikan peluang bagi para petani untuk memproduksi beras. Dan petani selalu menjadi korban dari permainan para saudagar.  

"Pemerintah harus turun tangan, kalau tidak mampu membantu meringankan, sekurang-kurangnya tidak menambah beban para petani. Impor beras itu menambah beban petani," katanya.

Ia berpendapat, Provinsi Jateng mampu mencukupi kebutuhan berasnya sendiri.  Karena itu,  salah satu program kerjanya jika terpilih sebagai gubernur Jateng adalah memuliakan petani. “Dengan melindungi petani maka Jateng akan selalu dapat memenuhi kebutuhan pangannya secara swasembada,” tegasnya.

 

(SAM)


TERKINI