Gedung Bank Jatim | Foto: Ist

Bank Jatim Anggarkan Rp 58 Miliar untuk Transaksi Nontunai

12 Februari 2018

Moneter.co.id - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) menyiapkan anggaran Rp58 miliar untuk mengembangkan infrastruktur pendukung teknologi informasi pada tahun 2018.

Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur Satyagraha mengatakan, pihaknya menyiapkan alokasi anggaran yang cukup besar untuk pengembangan teknologi informasi agar dapat menjawab kebutuhan terhadap penyelenggaraan transaksi nontunai.

Pasalnya, lanjut Ferdian, bank daerah diwajibkan untuk memfasilitasi transaksi nontunai untuk setiap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

"Bank Jatim tahun ini juga mencanangkan keuangan daerah elektronik, di dalamnya terdapat kanal elektronik untuk APBD," katanya, Senin (12/2).

Tahun ini Bank Jatim juga ingin punya uang elektronik sendiri. Sebelumnya, Bank Jatim telah bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terkait penerbitan uang elektronik lewat co-branding dengan Flazz.

Selain itu, salah satu teknologi yang ingin dikembangkan oleh Bank Jatim juga adalah pembayaran menggunakan Quick Response Code (QR Code).

Sektor pertama yang akan diaplikasikan melalui teknologi tersebut adalah jalan tol. “Nasabah yang rutin melalui jalan tol di Jawa Timur dapat membayar menggunakan QR code Bank Jatim,” tegas Ferdian.

 

(HAP)


TERKINI