Ilustrasi | Foto: Ist

DJP Kemenkeu: 6,4 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT

20 Maret 2018

Moneter.co.id - Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan menyatakan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (DJP Kemenkeu) mencatat pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) Tahunan sampai dengan pagi ini, Selasa (20/3) sudah mencapai 6,4 juta Wajib Pajak (WP).

"Sampai dengan hari ini sudah 6,4 juta SPT pajak penghasilan (PPh) OP 2017 yang masuk ke sistem Ditjen Pajak," katanya di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat menerima penyerahan pelaporan SPT Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa (20/3).

Robert menjelaskan, pelaporan SPT ini sudah didominasi oleh penyampaian secara online. Karena lebih mudah dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Meski demikian masih ada juga yang menyampaikan secara manual dengan langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP).

"Sekitar 75% e-filing sisanya secara manual. Kami pantau terus nanti jatuh temponya adalah 31 Maret 2018," ucap Robert.

Sementara itu, Ditjen Pajak menargetkan jumlah pelaporan SPT hingga 31 Maret 2018 sebanyak 14 juta SPT. Angka tersebut sebanyak 80% dari 18 juta WP yang terdaftar dan wajib menyampaikan SPT.

"Meningkat mudah-mudahan dari tahun lalu yang hanya 73%. Jadi kami akan pantau terus acara-acara (sosialisasi pelaporan SPT) seperti ini. Mudah-mudahan bisa mengejar target tersebut," bebernya.

 

(HAP)


TERKINI