Ilustrasi | Foto: Ist

Sambut Mudik 2018, PT KAI Siapkan 23.000 Kursi Tambahan

12 April 2018

Moneter.co.id - Menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2018, PT Kereta Api Indonesia (KAI) terus mempersiapkan diri seperti, menyediakan 23.000 kursi tambahan untuk arus mudik, sahur dan buka bersama di atas kereta bagi para penumpang.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengemukakan, tiket H-1 dan H-2 Lebaran diakui menjadi favorit calon penumpang. Namun, untuk tiket H-5 ke atas, sampai saat ini masih tersedia. Selama masa operasi Lebaran 2018, terdapat 393 perjalanan kereta api (KA). “Atau bertambah 40 perjalanan dari tahun 2017 lalu atau naik 4%,” ucap Edi Sukmoro, Rabu (11/4).

Sementara itu, penjualan tiket tambahan masih menunggu koordinasi terkait kedatangan KA baru.

Sebelumnya, PT KAI telah memesan sepuluh rangkaian KA baru ke PT INKA dan enam di antaranya sudah datang. Adapun empat lainnya akan menyusul dan kini masih menunggu konfirmasi.

Setelah seluruh KA baru datang, tiket tambahan baru akan dijual. Meski belum menyebut tanggal pasti, dia memberi perkiraan sekitar H-60 Lebaran. “H-60 atau lebih sedikit, nanti akan diumumkan. Kami terus konfirma si INKA,” tandasnya.

Sahur dan buka bersama gratis disediakan ketika H-10 Lebaran, sementara operasi Lebaran yang dilakukan KAI dimulai H- 10 hingga H+10 Idul Fitri. “Kami juga melakukan pengamanan jalur yang menyangkut dua aspek, yakni alam dan non alam,” ujarnya.

Aspek alam antara lain mewaspadai titik-titik tertentu yang rawan longsor, banjir, dan tanah amblas. “Setiap daerah operasional (Daop) KAI rata-rata memiliki titik-titik rawan bencana alam,” tegasnya.

Sementara itu, aspek non alam di antaranya aksi pelemparan KA. Namun, sejauh ini aksi pelemparan semakin lama semakin berkurang. “Pada sisi lain, PT KAI juga menambah kereta baru untuk jalur Solo-Yogyakarta-Kutoarjo,” ujarnya

 

(HAP)


TERKINI