Perayaan 2nd Anniversary dan Deklarasi Bela Negara di Podomoro Golf View pada Sabtu, 14 April 2018

HCI Chapter Debora Gandeng Puluhan Komunitas Mobil Deklarasikan Bela Negara

15 April 2018

Moneter.co.id - HR-V Club Indonesia (HCI) Chapter Depok Bogor Raya (Debora) sukses menyelenggarakan perayaan 2nd Anniversary di Podomoro Golf View pada Sabtu, 14 April 2018 kemarin. Acara dihadiri lebih dari 350 peserta dari lebih dari 50 komunitas mobil yang berada di area Depok Bogor Raya.

Mengusung tema dari Depok Bogor Raya, Merayakan Kekeluargaan, Kemanusiaan, Kebersamaan dan Hobby dalam Bingkai Kebhinekaan acara ini diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari seni budaya, donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, silaturahmi antar komunitas mobil wilayah Depok dan Bogor Raya hingga Deklarasi Bela Negara.

Hadir dalam 2nd Anniversary HCI Chapter Debora selain Ketua Umum HR-V Club Indonesia (HCI) dan pengurus pusat HCI juga perwakilan dari chapter HCI lain seperti Chapter di Jabodetabek, Karawang, Banten, Jawa Timur juga chapter HCI lainnya.

Selain kegiatan sosial, HCI Chapter Debora juga menggandeng lebih dari 50 komunitas mobil di wilayah Depok dan Bogor Raya baik yang tergabung dalam Depok Car Community (DCC), Indonesia Automotive Society (IAS), Paguyuban Mobil Bogor (Pamor) serta komunitas diluar itu bersama-sama melakukan penandatanganan deklarasi mendukung Gerakan Nasional Bela Indonesiaku-Bela Negara yang digawangi oleh Direktorat Bela Negara Ditjend Pothan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Baca juga: HR-V Club Indonesia Chapter Debora Bakal Deklarasi Bela Negara

Penandatanganan deklarasi diwakili oleh Ketua HCI Chapter Debora Budi Sutrisno, Ketua Umum Pamor M. Aryo Adhiputranto, Ketua Umum DCC Roery Agus Susanto, IAS Bogor Bastian Harefa, perwakilan FK3O Willy dan disaksikan langsung oleh Direktur Bela Negara Ditjend Pothan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia Laksma TNI Dr. M. Faisal, S.E, M.M dan Ketua Pelaksana Gerakan Nasional Bela Indonesiaku – Bela Negara Ricky H. Sutjipto.

Ketua HCI Chapter Debora, Budi Soetrisno menyampaikan deklarasi tersebut lebih dilandaskan pada amanah UUD 1945 bahwa Bela Negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali dan dapat dilakukan melalui profesi masing-masing.

"Yang saya fahami, Bela Negara tak melulu soal panggul senjata dan juga bukan soal wajib militer, tetapi bagi komunitas mobil khususnya HCI Chapter Debora, Bela Negara ini lebih pada bagaimana kita mengaktualisasikan rasa kecintaan kita pada tanah air Indonesia melalui ragam kegiatan positif yang memiliki impact positif bagi orang banyak dan Indonesia," jelas Budi disiaran resminya, Sabtu (14/4).

Ketua Umum  HCI, Ajun Junaedi menjelaskan, HR-V Club Indonesia senantiasa mendukung ragam kegiatan yang sifatnya positif dan non partisan atau terkait dengan politik praktis yang diinisiasi oleh masing-masing chapter HCI di seluruh Indonesia.

Direktur Bela Negara, Laksma TNI, Dr. M. Faisal dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam Undang-Undang (UU) Bela Negara merupakan sikap, perilaku, tindakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang didasari oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam rangka menyelematkan bangsa dan negara berdasarakan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

“Bela Negara disini bukan berarti WNI harus berperang atau angkat senjata tetapi bela negara itu dimulai dari sikap dan perilaku kita sehari-hari. Seperti apa yang dilakukan teman-teman hari ini, donor darah itu bentuk bela negara, memberi santunan pada anak yatim itu juga bela negara, silaturahmi antar komunitas juga bela negara,” jelas Faisal

Ketua Pelaksana Gerakan Nasional Bela Indonesiaku, Ricky H Sutjipto menambahkan, program sosialisasi Bela Negara merangkul berbagai elemen bangsa termasuk komunitas mobil HCI Chapter Debora.

Hal ini, kata Ricky, dilakukan untuk bersama-sama menyebarluaskan nilai-nilai kebaikan tentang Indonesia baik itu budaya, budi pekerti, adat istiadat, prilaku keseharian sebagai orang Indonesia kepada lingkungan terkecil yakni keluarga, kemudian ke komunitas dan ke lingkungan yang lebih besar.

"Bela Negara disini tidak terkait dengan partai politik manapun," tegas Ricky.

 

(TOP)


TERKINI