Ilustrasi Apple.Inc

Apple Bakal Investasi di BSD, Menperin: Dunia Lihat Indonesia Sebagai 'The Next Digital Hub'

16 April 2018

Moneter.co.id - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Ngakan Timur Antara mengungkapkan perusahaan Apple.Inc yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan perangkat elektronik akan berinvestasi di Indonesia. Apple akan membangun pusat riset di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

"Apple akan membangun pusat riset di BSD," kata Ngakan dalam acara Forum Merdeka Barat bertajuk Indonesia Siap Menuju Revolusi Industri 4.0, di Gedung Serbaguna Kemenkominfo, Jakarta, Senin, (16/4).

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menambahkan pembangunan pusat riset tersebut menjadi yang ke tiga setelah Brasil dan Italia. "Mereka akan bangun (pusat riset) di BSD dan akan membangun tiga lagi. Ini adalah yang ketiga setelah Brasil dan Italia," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, rencana perusahaan yang berpusat di Silicon Valley tersebut merupakan strategi pemerintah dalam menjaga Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam bidang digital untuk berkembang di dalam negeri. "Pemerintah akan memudahkan pekerja untuk bekerja di Indonesia, sehingga pekerja digital dapat mengembangkan 
skill, terutama software," tambahnya.

Lebih lanjut, pihaknya menilai dunia internasional telah melihat Indonesia sebagai 
the next digital hub. "Jadi pemerintah akan mendorong menjadi the next digital hub. Dunia telah melihatnya di Indonesia, itu harus kita maanfatkan," pungkasnya.

 

(HAP)


TERKINI