Ilustrasi Tenaga Kerja Asing (TKA) | Foto: Ist

Kemenaker: TKA Capai 10 Juta Orang Itu Hoax

04 Juli 2018

Moneter.id - Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), Maruli Hasoloan menyatakan Kemenaker RI mencatat, ada sebanyak 86 ribu Tenaga Kerja Asing (TKA) yang telah masuk ke Indonesia saat ini. Dari ribuan perkerja asing itu, mayoritas berasal dari Cina.

“Angka yang menyebut TKA mencapai 10 juta orang adalah kabar bohong alias hoax,” katanya, Rabu (4/07)

Ia menjelaskan, TKA sampai sekarang masih 86 ribu orang. Isunya memang ada 10 juta, tapi itu kami pastikan enggak ada, bohong. Mereka (TKA) ini kan tidak menetap, habis masa kerja ya pulang.

Maruli berkomentar, masyarakat tidak perlu panik dengan adanya TKA. Sebab, prioritas pemerintah masih tetap untuk tenaga kerja Indonesia.

“Tenaga asing waktunya terbatas, tergantung dari perusahaan tempatnya bekerja. Khusus untuk yang di daerah-daerah yang proyek paling lama cuma enam bulan. Dan itu pun kami awasi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Maruli mengatakan, isu keberadaan TKA tak perlu dibesar-besarkan, sebab keberadaan mereka telah ada sejak jaman dulu. 

“Dari dulu sudah banyak TKA, dari zaman pak Harto (Soeharto), pak BJ Habibie, bu Megawati, SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dan sekarang. Kenapa dibesar-besarkan," ujarnya. 

Ia mengakui, jumlah TKA terbanyak berasal dari China yang kemudian  disusul dari negara Jepang, Korea dan Malaysia. Mereka yang datang adalah tenaga ahli yang mengusai bidangnya masing-masing. 

“China kan negara besar investainya banyak dimana-mana. Namun tetap orang Indonesia yang kita utamakan, jadi jangan khawatir,” pungkasnya.

 

 

 (HAP)


TERKINI